STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) MENGAJAR
Sesi 1.
1. Perkenalan/penyesuaian perangkat kendaraan
a. Duduk harus nyaman “ sabuk pengaman “ cek spion kanan kiri tengah.
b. Cara menghidupkan stater ( cek gigi “N” ), Jika gigi masuk ( injak
kopling )
c. Sein, wiper, klakson, rem tangan, power window, indikator dasbor (oli,temperatur)
2. Menghapal perangkat
-
Stir : putar setir hingga siswa tidak kaku
penggunaannya 5-10 menit.
-
Gas : jempol,injak gas bertahan
rpm 2,3,4trus naik turun hingga tidak meledak ledak .
-
Rem : angkat injak rem trus
berulang ulang 5-10 menit
-
Kopling : angkat injak kecepatan 2
detik dan 4 detik”...bertahan ketinggian ¼,1/2,
angkat habis.
-
Gigi : 1 : 2 : 3 : 4 : 5 : 6
3. Menggunakan perangkat uji coba
-
Angkat kopling sampai di
pergesekan tahan sejenak hingga mesin stabil
-
Angkat injak kopling sampai di
pergesekan 2 mili berulang tampa gas hingga jalan dan berhenti
-
Angkat injak kopling dengan
menggunakan gas stabil di rpm 2 hingga jalan.
-
Angkat kopling tahan di
[pergesekan, mainkan rem berulang hingga jalan dan berhenti.
-
Gas rem,gas rem,angkat injak
kopling dan memutar setir
-
Angkat kopling pergesekan gas rpm
2 memutar setir
4. Tehnik jalan
1. Jalan lurus
-
Angkat kopling sampai di
pergesekan lalu tahan tampa gas jika jalan rata
-
Angkat kopling sampai di
pergesekan lalu tahan dengan gas rpm 2 jika jalan bergelombang.
-
Angkat kopling di pergesekan lalu
tahan,mainkan rem dan gas “tikungan dan tanggul”
-
Gas yang stabil hingga kecepatan
20km lalu oper gigi 2,gas hingga kec 3o km lalu oper gigi 3 berdasarkan
akselerasi kecepatan dan seterusnya
-
Gas lepas gas lepas tinggal
konsentrasi di stir
2. Mengurangi kecepatan
-
Tahap Kecepatan di atas 30 km
:Lepas gas dahulu jika tidak berhenti juga bisa di bantu rem.
-
Tahap Kecepatan di bawah 30 km : injak kopling
dahulu, Lepas gas jika tidak berhenti
juga, bisa di bantu rem .” agar mesin tidak getar,tidak mati”
3. Jalan- berhenti –jalan lalu berhenti berulang “ lurus “
-
Angkat kopling di pergesekan
,injak sedikit saja hingga lepas pergesekan berulang.
-
Angkat kopling di pergesekan ,injak sedikit
saja hingga lepas pergesekan berulang dengan gas rpm2 dan 3 rem jika perlu
-
Angkat kopling di pergesekan lalu
tahan,rem lepas rem lepas sesuaikan kebutuhan.
4. Jalan- berhenti –jalan lalu berhenti berulang “ tikungan patah “ mecet ramai kendaraan
-
Gigi 1,gas rpm 2,angkat injek
kopling,berhenti lagi coba lagi.
-
Gigi 1,tahan stengah kopling ,rem
lepas rem lagi lepas lagi.
-
Angkat kopling tahan,gas rem gas
rem berirama sesuai akselerasi
5. Jalan- berhenti –jalan lalu berhenti berulang “ zigzag ‘’
-
Gas rpm 2, angkat injek kopling di
pergesekan lalu berhenti.
6. Jalan- berhenti –jalan lalu berhenti berulang “ tanjakan “
a.rem kaki
-
Gigi 1.injak kopling dan injak rem
posisi tengah tanjakan
-
Tes remnya di angkat mundur atau
tidak
-
Angkat kopling di pergesekan
,tahan,”seperti ngajakin jalan” lepas
rem ,lalu di gas,
b.rem tangan
- injak kopling
dan rem,lalu rem tangan tarik,lepas rem kaki.
- angkat kopling di
pergesekan, lalu tahan, seperti ngajakin jalan.lepas rem tangan,lalu di gas.
7. Parkir pararel
-
Sejajar ban dan patok 2,5,jari
-
Stir tekuk kiri habis 2xputaran
-
Mundur “sampe spion melihat bodi
lurus ke patok kiri blakang,patok kanan depan stengah bodi mobil’
-
Luruskan stir 2x putaran
-
Mundur sampai bemper kiri depan
lewat patok kanan depan sedikit
-
Stir putar ke kanan habis
sambilperhatikan jarak belakang
-
Tekuk kiri habis lalu Maju.
-
Luruskan bodi “bisa maju bisa
mundur’
ANALISIS MATERI PELAJARAN | |||||
Mata Pelajaran: | TATA CARA MENGEMUDI RODA 4 | ||||
Satuan Pendidikan : | lembaga Pendidikan dan latihan | ||||
Tahun Pelajaran | |||||
no | metode pembelajaran | standart kompetensi | kompetensi dasar | alokasi waktu | keterangan |
1 | teori | BAB II. TEHNIK DASAR MENGEMUDI | A.Kesiapan pengemudi dan kendaraan | 1x 60 menit | |
B.posisi Saat mengemudi | 1x 60 menit | ||||
C.prosedur penggunaan isyarat | 1x 60 menit | ||||
D.prosedur mengambil posisi kendaraan saat berjalan | 1x 60 menit | ||||
E.Menjalankan kendaraan dengan kecepatan yang tepat | 1x 60 menit | ||||
F.Mengenal jenis Tikungan dan antisipasi MENGENAL JENIS TIKUNGAN DAN ANTISIPASI | 1x 60 menit | ||||
G.tehnik pengereman | 1x 60 menit | ||||
H.tehnik saat mundur | 1x 60 menit | ||||
I.tehnik mengikuti kendaraan dari belakang | 1x 60 menit | ||||
J.tehnik saat mendahului | 1x 60 menit | ||||
K.tehnik saat mengemudi di jalan miring (tanjakan/turunan) | 1x 60 menit | ||||
L.interaksi dengan jalan lain | 1x 60 menit | ||||
2 | BAB IV. TEHNIK MENGEMUDI SAAT KONDISI BURUK | ||||
A.mengemudi saat malam hari | 1x 60 menit | ||||
B.mengemudi saat hujan | 1x 60 menit | ||||
C.mengemudi saat banjir | 1x 60 menit | ||||
D.mengemudi saat kendaraan darurat | 1x 60 menit | ||||
3 | BAB V. KETENTUAN DI JALAN RAYA | ||||
A.Jarak dan kecepatan | 1x 60 menit | ||||
B.penggunaan lajur | 1x 60 menit | ||||
praktek | |||||