silabus

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) MENGAJAR
Sesi 1.
1.       Perkenalan/penyesuaian perangkat kendaraan
a.       Duduk harus nyaman “ sabuk pengaman “ cek spion kanan kiri tengah.
b.      Cara menghidupkan stater ( cek gigi “N” ), Jika gigi masuk ( injak kopling )
c.       Sein, wiper, klakson, rem tangan, power window, indikator dasbor (oli,temperatur)
2.       Menghapal perangkat
-          Stir  : putar setir hingga siswa tidak kaku penggunaannya 5-10 menit.
-          Gas : jempol,injak gas bertahan rpm 2,3,4trus naik turun hingga tidak meledak ledak .
-          Rem : angkat injak rem trus berulang ulang 5-10 menit
-          Kopling : angkat injak kecepatan 2 detik dan 4 detik”...bertahan ketinggian ¼,1/2,  angkat habis.
-          Gigi : 1 : 2 : 3 : 4 : 5 : 6

3.       Menggunakan perangkat uji coba
-          Angkat kopling sampai di pergesekan tahan sejenak hingga mesin stabil
-          Angkat injak kopling sampai di pergesekan 2 mili berulang tampa gas hingga jalan dan berhenti
-          Angkat injak kopling dengan menggunakan gas stabil di rpm 2 hingga jalan.
-          Angkat kopling tahan di [pergesekan, mainkan rem berulang hingga jalan dan berhenti.
-          Gas rem,gas rem,angkat injak kopling dan memutar setir
-          Angkat kopling pergesekan gas rpm 2 memutar setir
4.       Tehnik jalan
1.       Jalan lurus
-          Angkat kopling sampai di pergesekan lalu tahan tampa gas jika jalan rata
-          Angkat kopling sampai di pergesekan lalu tahan dengan gas rpm 2 jika jalan bergelombang.
-          Angkat kopling di pergesekan lalu tahan,mainkan rem dan gas “tikungan dan tanggul”
-          Gas yang stabil hingga kecepatan 20km lalu oper gigi 2,gas hingga kec 3o km lalu oper gigi 3 berdasarkan akselerasi kecepatan dan seterusnya
-          Gas lepas gas lepas tinggal konsentrasi di stir
2.       Mengurangi kecepatan
-          Tahap Kecepatan di atas 30 km :Lepas gas dahulu jika tidak berhenti juga bisa di bantu rem.
-          Tahap Kecepatan di bawah 30 km : injak kopling dahulu, Lepas gas  jika tidak berhenti juga, bisa di bantu rem .” agar mesin tidak getar,tidak mati”
3.       Jalan- berhenti –jalan lalu berhenti berulang  “ lurus “   
-          Angkat kopling di pergesekan ,injak sedikit saja hingga lepas pergesekan berulang.
-           Angkat kopling di pergesekan ,injak sedikit saja hingga lepas pergesekan berulang dengan gas rpm2 dan 3 rem jika perlu
-          Angkat kopling di pergesekan lalu tahan,rem lepas rem lepas sesuaikan kebutuhan.
4.       Jalan- berhenti –jalan lalu berhenti berulang  “ tikungan patah “ mecet ramai kendaraan   
-          Gigi 1,gas rpm 2,angkat injek kopling,berhenti lagi coba lagi.
-          Gigi 1,tahan stengah kopling ,rem lepas rem lagi lepas lagi.
-          Angkat kopling tahan,gas rem gas rem berirama sesuai akselerasi
5.       Jalan- berhenti –jalan lalu berhenti berulang  “ zigzag ‘’
-          Gas rpm 2, angkat injek kopling di pergesekan lalu berhenti.
6.       Jalan- berhenti –jalan lalu berhenti berulang  “ tanjakan “
a.rem kaki
-          Gigi 1.injak kopling dan injak rem posisi tengah tanjakan
-          Tes remnya di angkat mundur atau tidak
-          Angkat kopling di pergesekan ,tahan,”seperti ngajakin jalan”  lepas rem ,lalu di gas,
b.rem tangan
               - injak kopling dan rem,lalu rem tangan tarik,lepas rem kaki.
- angkat kopling di pergesekan, lalu tahan, seperti ngajakin jalan.lepas rem tangan,lalu di gas.
7.       Parkir pararel
-          Sejajar ban dan patok 2,5,jari
-          Stir tekuk kiri habis 2xputaran
-          Mundur “sampe spion melihat bodi lurus ke patok kiri blakang,patok kanan depan stengah bodi mobil’
-          Luruskan stir 2x putaran
-          Mundur sampai bemper kiri depan lewat patok kanan depan sedikit
-          Stir putar ke kanan habis sambilperhatikan jarak belakang
-          Tekuk kiri habis lalu Maju.

-          Luruskan bodi “bisa maju bisa mundur’



ANALISIS MATERI PELAJARAN
Mata Pelajaran: TATA CARA MENGEMUDI RODA 4
Satuan Pendidikan : lembaga Pendidikan dan latihan
Tahun Pelajaran
no metode pembelajaran standart kompetensi kompetensi dasar alokasi waktu keterangan
1 teori BAB II. TEHNIK DASAR MENGEMUDI A.Kesiapan pengemudi dan kendaraan 1x 60 menit
B.posisi Saat mengemudi 1x 60 menit
C.prosedur penggunaan isyarat 1x 60 menit
D.prosedur mengambil posisi kendaraan saat berjalan     1x 60 menit
E.Menjalankan kendaraan dengan kecepatan yang tepat 1x 60 menit
F.Mengenal jenis Tikungan dan antisipasi        MENGENAL JENIS TIKUNGAN DAN ANTISIPASI 1x 60 menit
G.tehnik pengereman     1x 60 menit
H.tehnik saat mundur    1x 60 menit
I.tehnik mengikuti kendaraan dari belakang       1x 60 menit
J.tehnik saat mendahului    1x 60 menit
K.tehnik saat mengemudi di jalan miring (tanjakan/turunan) 1x 60 menit
L.interaksi dengan jalan lain 1x 60 menit
2 BAB IV. TEHNIK MENGEMUDI SAAT KONDISI BURUK
A.mengemudi saat malam hari 1x 60 menit
B.mengemudi saat hujan      1x 60 menit
C.mengemudi saat banjir 1x 60 menit
D.mengemudi saat kendaraan darurat 1x 60 menit
3 BAB V. KETENTUAN DI JALAN RAYA
A.Jarak dan kecepatan 1x 60 menit
B.penggunaan lajur 1x 60 menit
praktek